Selasa, 03 Mei 2011

[Windows 7 Tips] Cara Monitor Aplikasi mana yang memakan Sumber daya

Nah.. Untuk Tips dari fajar kali ini mngkin berguna bnget buat sobat....
Kita semua tahu bahwa semakin lama anda menggunakan komputer anda maka akan menjadi semakin lambat. Ada banyak waktu ketika kita mengalami hal ini sindrom PC lambat dan kita benar-benar tidak tahu aplikasi mana yang mengambil semua sumber daya. Bagaimana jika ada cara untuk melacak dan memonitor aplikasi anda dan memeriksa mana yang menyebabkan masalah dalam sistem anda?
Pada artikel Komputer tips ini, kita akan menunjukkan anda sebuah alat Proses Monitor, Proses Monitor adalah sebuah aplikasi yang sangat baik untuk memonitor. Tidak masalah jika anda seorang pemula atau anda adalah pengguna advance, bekerja dengan aplikasi ini jauh lebih mudah daripada yang anda pikirkan.
1. Proses download Monitor
http://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/bb896645
2. Jalankan program
Tidak diperlukan instalasi, tetapi anda harus menjalankannya sebagai Administrator. Klik kanan pada file dan pilih “Run as administrator”
3. Stop Capture Events.
Secara default, utilitas mulai merekam aktivitas saat anda menjalankannya. Jadi kita harus mengubah beberapa pilihan sebelum menggunakan program, kita harus menghentikannya. Buka menu File dan “Capture Events” hapus centang.
4. Press Clear.
Klik “Clear” untuk menghapus semua entri yang tidak relevan di jendela.

5. Configure Profiling Events.
Buka menu Options dan pilih “Profiling Events…”. Ini akan menginstruksikan utilitas untuk execution log setiap proses atau program. Set Thread Profiling Options Centang “Generate thread profiling events”, dan pilih “Every 100 milliseconds”
7. Select Capture Events
Sekarang program ini siap untuk melakukan tugasnya. Buka menu file dan pilih “Capture events” untuk memulai proses. Jika anda selesai menguji silahkan anda stop Capture events.
8. Process Activity Summary
Buka menu Tools dan pilih “Process Activity Summary”. Ini akan menampilkan ringkasan dari semua log yang direcord. Sebuah jendela baru muncul. Program ini memungkinkan anda untuk order dengan ukuran yang berbeda. Dalam hal ini, kita akan memilih penggunaan CPU.
Dari sini, kita dapat melihat bahwa program mana yang menggunakan CPU yang paling banyak. Hal ini juga menunjukkan jumlah pengguna CPU dan penggunaan CPU kernel.
10. Order by RAM usage.
Atau, anda juga dapat mengurutkan proses dengan penggunaan memori. Ini akan memungkinkan anda untuk melihat aplikasi yang mengambil memori yang paling bukan dari sumber daya CPU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar